PONDASI TIANG PANCANG

A.   Pendahuluan

Fondasi merupakan struktur bawah bangunan yang berfungsi untuk meneruskan berat dan beban bangunan ke tanah dasar.  Jenis dan dimensi fondasi harus sedemikian sehingga tanah dasar mampu mendukung beban dan penurunan yang mungkin terjadi masih dalam toleransi yang aman bagi bangunan.  Untuk mengetahui data mengenai kondisi dan sifat tanah  dasar  maka perlu dilakukan penyelidikan tanah.  Data tersebut digunakan untuk analisis penentuan  kedalaman tanah keras dan daya dukung fondasi.

Pada laporan tugas akhir ini penulis mengambil data tanah yang diambil dari beberapa penyelidikan tanah yang telah dilakukan pada Proyek Pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (RUSUNAWA) UMY.  Selanjutnya pada bab ini akan dibahas kapasitas dukung aksial tiang tunggal berdasarkan data tanah dari hasil pengujian uji penetrasi baik Cone Penetration Test (CPT)/SONDIR maupun Standart Penetration Test (SPT) dan juga secara dinamis yaitu dengan kalendering pemancangan dan Pile Driving Analyzer (PDA).

Hasil yang didapatkan dari perhitungan tersebut akan digunakan untuk menganalisa apakah fondasi yang digunakan pada proyek tersebut  mampu untuk mendukung beban yang bekerja.

 

B.  Penyelidikan  Tanah

Proses penyelidikan tanah pada Proyek Pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (RUSUNAWA) UMY dilakukan secara langsung di lokasi proyek.  Penyelidikan tanah yang dilakukan meliputi :

1.    Pengujian Cone Penetration Test (CPT)/SONDIR

Pengujian Sondir yang dilakukan pada proyek tersebut dilakukan sebanyak 10 (sepuluh) titik pengujian dengan alat Sondir berkapasitas 10 ton.  Pengujian Sondir dilakukan sampai kedalaman lapisan tanah dengan nilai perlawanan konis sebesar 600 kg/cm2.

 

2.    Pengujian Standart Penetration Test (SPT)

Pengujian SPT dilakukan sebanyak 2 kali.  Hasil pengujian SPT dapat dilihat pada tabel 5.1 di bawah ini dan untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada lampiran.

 

(Untuk liat lebih lanjut silkan download disini)

 

 

About these ads

Tentang ariefsadja

------------------
Tulisan ini dipublikasikan di civil Engineering. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s