Bagaimana Cara Stoppie (freestyle mengangkat roda belakang) Pada Motor

Anda dapat menyebutnya stoppie, nose wheelie atau endo (end over end). adalah trik berkendara sepeda motor di mana roda belakang diangkat dan sepeda motor itu ditunggangi bertumpu di roda depan, membuat perasaan bahwa Anda akan jatuh dan wajah Anda mencium tanah. How do stoppie? Nah, yang terjadi jika Anda melakukannya dengan cara yang salah dan tanpa gigi. Kita akan menyebutnya stoppie dalam panduan berikut ini, karena itu adalah istilah yang paling sering digunakan ketika mengacu pada trik ini. Kecuali untuk Malaysia, di mana pengendara menyebutnya Wikang (wheelie belakang).
Apa yang Anda butuhkan?

Yah, sepeda motor tentunya., sebuah helm dengan visor yang bening dianjurkan. Adapun pelindung yang biasa jaket, celana jins, sarung tangan dan sepatu bot, pelindung siku dan lutut.

Sekarang Anda sudah siap, mari kita melihat sepeda motor. Rem depan yang baik adalah hal pertama untuk pastikan anda sudah miliki. Berikutnya adalah dua ban lengket baik dan lebih rendah daripada standar tekanan ban depan atau Anda mungkin beresiko mengunci roda depan.

Dan jangan lupa untuk memeriksa diri juga. Yang jelas, pikiran dan tubuh santai dan menyadari perbedaan antara niat, batas kemampuan dan keterampilan Anda adalah dasar sebelum mulai praktek atraksi motor.

kesalahan bisa berakibat fatal
Jika Anda tidak memiliki hal-hal dasar yang disebutkan di atas, Anda bisa masuk ke dalam situasi yang buruk karena sepeda motor Anda rusak dengan tabung garpu bengkok. Anda bisa berakhir cukup tragis, jadi berpikir dua kali sebelum memulai.

Kapan dan di mana?

harusnya sih jangan. Tetapi jika Anda masih ingin melakukannya, pilih hari dengan kondisi cuaca yang baik. Sedangkan untuk lokasi, mencari tempat yang baik, aspal yang bersih, tanpa minyak, kotoran atau permukaan licin, di mana Anda dapat bertindak seperti orang bodoh, tapi tanpa mengganggu orang di sekitar Anda. Juga harus diingat itu adalah ilegal untuk melakukan stoppie di jalan umum, jadi jika polisi menangkap Anda, Anda akan memiliki ‘masalah’ tertulis alias tilang.

Sesi Pemanasan

Anda tahu Anda bisa melakukannya, sepeda motor Anda bisa melakukannya, itu cuaca bagus di luar dan Anda melihat tempat yang sempurna untuk berlatih. Mari kita coba dan melakukannya kemudian. bahwa ada dua jenis stoppie, yaitu Stopping Stoppie and the Rolling Stoppie. Stopping Stoppie yang lebih mudah, jadi dianjurkan untuk melalukannya pertama . dan Anda harus keliling sebentar dengan mencoba rem depan untuk pemanasan ban.

Selanjutnya, jalankan motor dan gunakan rem depan untuk berhenti dengan menggunakan semua empat jari ketika mecengkram rem depan. Dengan cara ini Anda menguji batas ban Anda juga. Tujuan Anda adalah untuk mendapatkan ban ke titik penguncian sehingga Anda bisa terbiasa dengan situasi dan mengantisipasi kapan hal itu akan terjadi.

  • Stopping Stoppie

Ini adalah bagian di mana Anda melakukan stoppies pada 0 mph. Melaju sampai sekitar 15 mph dan kemudian, dengan menggunakan semua empat jari, semakin menekan rem depan, menekan ban depan. Pada saat yang sama, bangkit dari jok dan bersandar sedikit ke depan. Ketika Anda lebih dekat ke 0 mph, meremas lebih keras dan lebih keras. Pada prakteknya pengendara melepaskan rem depan sebelum sepeda motor berhenti sepenuhnya dalam rangka untuk membiasakan diri menjaga keseimbangan setelah pelepasan rem depan.

kekuatan garpu depan penting, karena memindahkan bobot dari berat sepeda motor ke depan . Sebuah stoppie tidak tercapai oleh langsung menerapkan rem depan penuh. Itu hanya akan terpeleset depan, bahkan pada kecepatan rendah seperti itu.

  • Rolling Stoppie

Pada dasarnya itu prosedur yang sama seperti untuk Stopping Stoppie, tapi itu dilakukan pada kecepatan yang lebih tinggi dan itu lebih mungkin bagi Anda untuk jatuh juga, karena Anda bisa bergerak maju dengan roda depan saja. Ketika Anda naik di lebih dari 25-30 mph, remas kopling dan tuas rem depan dengan semua empat jari. Semakin menekan tuas saat Anda menggeser berat badan Anda ke depan, otomatis akan mengangkat bagian belakang. Jika mulai terlalu tinggi, kurangi sedikit rem. Itu akan mencegah Anda nyungsep. Anda dapat rolling untuk berhenti dan menjatuhkan roda kembali di tanah atau Anda dapat melepaskan rem lebih awal saat motor Anda mulai behenti.

Apa yang harus tidak Anda lakukan!

Latihan, latihan, latihan. Ambil satu langkah pada satu waktu untuk menghindari terkejut jika roda terkunci. Anda juga harus siap untuk gagal dalam sebuah stoppie jika hanya satu hari latihan. Tidak menggunakan rem belakang, meskipun hanya menekan Anda harus mendapatkan pendataran yang lebih halus sekaligus mengurangi pemakaian rantai, sprocket dan poros penggerak. Hindari membungkuk ke depan terlalu banyak dan menekan rem depan terlalu keras. Kuatkan lengan dan jangan biarkan sepeda motor terayun ke samping.

Ingat! Meskipun tampaknya mudah dalam teori, trik ini sulit untuk dilakukan. Ride Safety! sumber : autoevolution

About these ads

Tentang ariefsadja

------------------
Tulisan ini dipublikasikan di oTomotif. Tandai permalink.

2 Balasan ke Bagaimana Cara Stoppie (freestyle mengangkat roda belakang) Pada Motor

  1. jumpel berkata:

    ap tipe BAN g pengaruh?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s