Lingkungan Belajar yang Kondusif

1. LATAR BELAKANG

Guru dalam melaksanakan tugas belajar mengajar hendaknya berpegang pada prinsip mendidik yang antara laian : perhatian , penyuluhan , pengorbanan, dan peneguhan. Menyadari dari prinsip tersebut , seorang guru dalam menjalankan tugasnya tidak hanya pengajar, tetapi seorang guru harus betul-betul professional dalam melihat, menganalisa , mengevaluasi , serta mampu memberikan bantuan pada siswa untuk memecahkan masalahnya.

Dengan adanya bantuan yang diberikan oleh guru diharapkan nantinya siswa dapat berkembang ke arah kemandirian untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal yaitu lulusan yang peka, kritis , mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab sesuai harapan sekolah, orang tua, dan diri anak.

Dalam menghadapi era globalisasi yang diiringi dengan perkembangan IPTEK yang begitu pesat, maka peningkatan kualitas sumber daya manusia mempunyai posisi yang strategis bagi keberhasilan dan kelanjutan Pembangunan Nasional. Oleh sebab itu, upaya tersebut mutlak harus mendapat perhatian yang sungguh-sungguh dan harus dirancang secara sistematis dan seksama berdasarkan pemikiran yang matang. Wadah yang tepat bagi upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah pendidikan . Ada beberapa indikator dalam meningkatkan pendidikan antara lain melaui peningkatan kinerja guru dan peningkatan mutu pelajaran yang meliputi MBS, Pakem, dan Peran Serta Masyarakat ( PSM ).Dalam kaitannya dengan Pakem, guru dituntut untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif , yaitu pembelajaran yang aktif,kreatif,efektif, dan menyenangkan. Situasi tersebut harus diupayakan untuk semua mata pelajaran , guna mencapai peningkatan mutu pelajaran yang optimal dan kondusif.

(unutuk lihat selengkapnya download disini)

Tentang ariefsadja

------------------
Pos ini dipublikasikan di Bimbingan Konseling. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s