7 Tips Teknik Dan Cara Menikung Pada Sepeda Motor

Menikung adalah inti dari pengalaman bersepeda motor. Seorang pengendara dapat terus meningkatkan skill menikung dan tidak pernah mencapai kesempurnaan. Mari kita mulai dengan fakta bahwa ada lebih banyak untuk menikung lalu mendapatkan lutut di atas aspal.
Pemahaman teoritis adalah satu hal tapi mempraktekkanya adalah hal lain, kenyataanya seorang pengendara tidak akan pernah lebih dalam prakteknya dan mengendalikannya, selalu ada beberapa hal yang dapat lebih baik dilakukan . Berikut adalah beberapa tips tentang menyempurnakan seni menikung:

1. Tetap dalam aliran: itu adalah waktu seorang pengendara berada di ‘zona’ dan semuanya berjalan dengan benar. Tampaknya tanpa sadar, salah satu garis yang ideal, mengantisipasi secara naluriah merasakan setiap tikungan, dan membawa mereka pada kecepatan yang tepat dan gigi yang benar, tanpa gangguan, secara intuitif. Menyadari setiap satu gerakan dibuat adalah cara lain untuk berada di dalam aliran saat menikung.

Demi kelancaran dan aman menikung, pengendara harus melihat tikungan dengan baik dan memutuskan dengan baik pula. juga penting untuk duduk dengan nyaman, bereaksi dengan cepat untuk mengerem dengan baik, untuk memasuki tikungan pada kecepatan dan garis yang ideal, untuk memodulasi tarikan gas dan pergantian gigi yang tepat.

2. Melihat: Mengoptimalkan penggunaan visual Anda untuk mengamati semua aspek yang relevan sehingga anda sudah dipersiapkan dengan baik sebelum bertualang ke tikungan Ketika yang satu yakin, yang lain juga lancar.

3. Penghakiman: Antisipasi dan penilaian yang baik akan jalan panjang untuk membuat dan memungkinkan pengendara dengan cepat dan lancar di tikungan . Untuk memasuki tikungan yang tidak diketahui kecepatan dan gigi yang benar, mengambil keputusan adalah aspek kunci.

Dengan memindai jalan yang akan dilalui, seorang pengendara harus menyadari akan adanya tikungan dengan baik. Jalan di depan dapat diukur dengan mengamati garis pohon/median atau dengan garis tiang lampu. pengambilan keputusan Seorang pengendara akan menjadi lebih baik dengan pengalaman tentu saja. Evaluasi pengalaman menikung Anda untuk menunjukkan apa yang salah dan mengapa, dan menghindari kesalahan-kesalahan waktu nanti, Menilai apa yang bisa dilakukan lebih baik dan jika Anda melewatkan petunjuk visual. Ingatlah hal-hal yang Anda lakukan dengan benar dan membuat itu bagian dari gaya riding.

4 Lihat kemana Anda ingin pergi: Perhatikan garis Anda di tikungan, mengamati semua detail yang relevan dari tikungan, sehingga tidak tiba-tiba selip menemui Anda saat tidak siap.

5 Berada Pada trek: Pada trek balap, tujuannya adalah untuk melewati tikungan secepat mungkin. Oleh karena itu garis yang ideal dimulai dari titik di mana Anda bersandar dan memungkinkan Anda untuk mempercepat melaluinya keluar. Ketika visual terbatas, garis yang ideal adalah salah satu yang menawarkan visual yang optimal. Oleh karena itu, Anda memisahkan dua tikungan:

  • Outside: Bersandar pada awal tikungan, menjaga jalur luar dan tetap waspada dan mengantisipasi pengereman dan perpindahan gigi. Masuki tikungan pada kecepatan ideal, berada pada gigi yang tepat dengan sedikit membuka gas, bersandar dan tetap terus di bagian luar tikungan.
  • Straight Out: Dari jalur luar, berkendara dalam garis lurus ke luar jalan melalui bagian dalam kurva. Untuk melakukan itu, bersandar lagi dan mempercepat keluar dari tikungan melalui bagian dalam tikungan ke arah luar. Hal ini memungkinkan visual yang optimal.

6. Persiapan yang benar: Sebelum memasuki tikungan, pengereman jika perlu untuk berada di kecepatan yang tepat dan pindah ke gigi yang tepat yang akan memungkinkan Anda untuk mempercepat keluar dari tikungan.

7. Latihan: Untuk seleksi gigi ideal, berkendara dengan familiar dan mencoba mengambil tikungan dalam gigi yang lebih rendah dan beralih lebih tinggi bila diperlukan. Pada gigi tinggi, Anda harus beralih ke gigi yang lebih rendah untuk mempercepat, sedangkan di gigi rendah, Anda akan pindah gigi lebih atas untuk kelancaran mempercepat keluar. berbelok dan rem di tikungan yang berikutnya dalam agenda.

Tentang ariefsadja

------------------
Pos ini dipublikasikan di oTomotif. Tandai permalink.

Satu Balasan ke 7 Tips Teknik Dan Cara Menikung Pada Sepeda Motor

  1. Ping balik: How To Cornering a Motorcycle | detik sports

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s