Rumah Cantik dengan Teras yang Apik

Dari segi desain arsitektur, tentu saja rumah-rumah di Indonesia berbeda dengan yang ada di Negara lain seperti di Eropa. Akan tetapi, satu hal yang paling kentara adalah teras, yang bagi masyarakat Indonesia bagian ini menjadi elemen yang tak pernah luput saat membangun rumah.

Meski bisa berada di bagian belakang atau samping, pada umumnya teras diletakan di bagian depan rumah. Fungsinya, jika mau ditilik lebih jauh adalah sebagai ruang transisi antara ruang luar dan ruang dalam. Oleh karena itu, teras juga sebaiknya memiliki karakter yang senada dengan ruang dalam namun tidak mengesampingkan posisinya yang ada di luar.

Ukuran teras juga tidak pasti, tergantung dari ukuran lahan, yang pasti bagian yang satu ini perlu “dirias” sedemikian rupa agar dapat mempercantik rumah, salah satunya dengan menambahkan furniture atau pernak-pernik.

Pertama yang patut diperhatikan adalah, furniture dan aksesoris yang di tempatkan pada sebuah teras sangat bergantung pada kebutuhan yang berkaitan dengan letak dan fungsi teras. Ada yang di buat ala kadarnya agar air hujan tidak mengenai bangunan rumah, ada yang sebagai ruang tamu, tempat bersantai, tempat  untuk menikmati makanan dengan santai, atau tempat menerima tamu yang tidak terlalu dekat dengan anda. Semua hal tersebut akan menentukan model dan desain furnitur yang bakal digunakan.

Setelah menentukan desain, hal lain yang tak kalah pentingnya adalah mempertimbangkan bahan karena di sini furnitur tersebut akan terpapar hujan dan panas matahari yang sangat memungkinkan merusak furnitur tersebut.

Besi cor bisa menjadi pilihan yang tepat, akan tetapi jika ingin menampilkan suasana yang lebih hangat, bisa menggunakan bahan kayu, yang tentu telah dilapisi bahan penguat agar tahan terhadap cuaca.

Akan tetapi bila teras cukup luas, sofa bisa menjadi pilihan yang tepat, karena di sini pula penghuni rumah dapat duduk dengan santai atau bercengkrama.

Hal-hal tersebut berlaku pula untuk aksesoris mana yang akan digunakan sangat tergantung pada selera masing-masing, tapi jangan lupa untuk memperhitungkan luas teras dengan ukuran aksesorisnya, jangan sampai malah aksesoris tersebut membuat teras tampak sesak. [ASP]

About these ads

Tentang ariefsadja

------------------
Tulisan ini dipublikasikan di Eksterior. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s