Tip Ternak Kenari Yorkshire

Infomasi terakhir kenari impor masuk tanggal 28 Oktober 2009 sore hari …. Dikantor saya sudah janjian sama temen-temen lama untuk bertemu di kios biasa kami mangkal… ada beberapa orang yang janji akan datang sambil melihat-lihat kenari yang baru datang …. dari jam 15.00 sore hati ini sudah ngga sabar ingin buru-buru sambangi kios importir.

Dalam chating dan sms terdengar kabar bahwa kenari masuk hanya sedikit dan tidak dijual satuan karena sudah ada yang borong…..tapi kami yakin dengan kedekatan saya dengan importir saya yakin bisa mendapatkan kenari yang kita mau … Waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba jam 16.00 teng saya meluncur ke lokasi … di jalan dapat sms dari temen bahwa kenari sudah datang dan ternyata kenari yang datang hanya sedikit.

Pada saat sampai ke tempat yang dituju tidak seperti biasanya sepi banget….. biasanya waktu kenari impor masuk banyak sekali hobis yang memantau…. ternyata memang benar isu yang beredar bahwa kenari yang masuk hanya sedikit….. Berhubung Yorshire yang datang hanya sedikit dan saya telat datang akhirnya pulang dengan tangan kosong walaupun sudah disisain tetapi Yorshire-nya tidak masuk kriteria buat dipelihara.

Beruntung saya bertemu dengan peternak kawakan dari Yogya kalau tidak salah namanya Brigjend (Purn) RM Noeryanto, SH. Beliau ternak kenari sejak tahun 1958 sempat beberapa kali berhenti dari ternak kenari tetapi kembali lagi menjadi peternak sampai sekarang. Beliau sangat menguasai tentang ternak kenari Yorkshire menurut cerita beliau saat ini di rumahnya beliau ternak kenari sekitar 300 ekor sebagian besar kenari Yorkshire.

Hikmah yang bisa diambil dari sharing dengan Pak Noer adalah ternak Yorkshire tidak sesusah yang kita bayangkan ….. sebetulnya Yorkshire itu kenari yang mudah diternak dan pandai mengasuh anak….. Keuntungan Yorkshire meloloh/mengurus anak sendiri yaitu fostur/body anaknya besar-besar.  Memang ada beberapa kasus dimana telornya dititip ke indukan lain (babuan) hanya kelemahannya anak-anak Yorkshire yang menggunakan babuan body-nya tidak sebesar yang dirawat indukan Yorkshire. Untuk kasus babuan agar anaknya mempunyai body besar saran Pak Noer telor yang di titip ke babuan maksimal 2 butir.

Faktor utama yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandang dan sarana penunjangnya, yang dimaksud sarana penunjang disini yaitu tempat makanan, tempat minuman dan tangkringannya.  Menurut Pak Noer kebersihan kandang dan sarana penunjangnya harus menjadi perhatian yang utama, makanan dan minumannya harus di periksa setiap saat minimal 2 kali sehari pagi dan sore hari. Jika di tempat minum dan tempat pakan ada kotoran harus segara diganti…. Kalau dibiarkan takutnya kemakan Yorkshire dan akibatnya bisa patal setidaknya sakit…. Pagi dan sore hari kandang dibersihkan dari kotoran…. Kalau saya perhatikan dari hasil diskusi ketelatenan dan kesabaran peternak (hobies) merupakan faktor kunci keberhasilan beternak Yorkhire, Pak Noer percerita pada saat sore hari seluruh kandang ditutup menggunakan kain dan kawat kasa agar Yorkshire tidak digigit nyamuk.

Eittt ada yang tertinggal nich….. jangan lupa setiap pagi Yorkshire harus di jemur tetapi jangan terlalu lama cukup seperempat sampai setengah jam. Sinar matahari sangat baik bagi kesehatan Yorkhsire, disamping bermanfaat buat kesehatan juga bisa meningkatkan gairah untuk kawin…. Demikian dulu ceritanya mengenai ternak Yorkshire, kalau kebanyakan nanti malah mengganggu pekerjaan…

 

Sumber dari burungkenari.wordpress.com

Tentang ariefsadja

------------------
Pos ini dipublikasikan di Kenari. Tandai permalink.

2 Balasan ke Tip Ternak Kenari Yorkshire

  1. Yusuf Prasetyo berkata:

    bisakah saya mengetahui alamat lengkap Pak Noer?
    saya hanya seorang pemula di dunia burung kenari dan ingin sekali belajar dari beliau yang sudah sangat berpengalaman.
    rumah saya di Solo.
    kalau bisa saya belajar ke tempat Pak Noer betapa bahagianya Saya.
    mohon alamat lengkap pak Noer sms ke nomer saya 085 642 355 388.
    terimakasih Om admin. infonya sangat membantu

    • ariefsadja berkata:

      maaf pak yusuf,sya hanyalah newbie…tulisa saya hanyalah kutipan selama sya beljar pak yusuf..tulisan saya jg sudah ad sumber nya pak yusuf
      maaf klo ad kata2 sya yg salah pak yusuf…

Tinggalkan Balasan

