Perawatan Yorkshire (YS)

Pada saat Yorkshire tiba dirumah Anda jangan berharap bisa langsung mendengarkan suara  Yorkshire atau Yorkshire langsung bunyi, anda harus bersabar dalam memelihara Yorkshire.  Tahap awal pemiliharaan YS adalah mempertahankan kesehatannya, pakan yang diberikan usahakan makanan yang bergizi pakan harus bersih (kalau ada makanannya diberi makanan impor atau dicampur antara makanan impor dan makanan lokal) dan kedalam air minumnya diberi vitamin, vitamin banyak jenisnya anda bisa mencarinya di pasar burung.

Pada tahap-tahap awal YS jangan dimandikan dengan cara disemprot cukup diberi tempat minum (cepuk) besar biarkan YS mandi sendiri dicepuk air minum, setelah mandi usahakan untuk dijemur. Dalam penjemuran jangan terlalu lama cukup 10 menit atau paling lama 30 Menit.. Burung kenari import rata-rata tidak tahan terhadap angin kencang untuk itu pada saat dijemur usahakan YS jangan terkena angin kencang secara langsung. Untuk menjaga ketenangan dan gangguan dari nyamuk sangkar YS harus dikerodong.

Dua minggu pertama merupakan masa-masa kritis dalam pemeliharaan kenari YS, jika bisa melewati masa kritis proses selanjutkan memancing YS berbunyi… ada beberapa trik untuk memancing YS mau berbunyi. Proses awal dekatkan YS dengan kenari yang rajin berbunyi/gacor usahakan YS tidak melihat kenari gacor cukup mendengarkan suaranya saja… YS termasuk kenari yang mudah dimaster saran saya harap hati-hati dalam memaster YS takutnya mendengar suara kenari kurang bagus….. atau kemasukan suara kenari yang kurang bagus…

 

Keuntungan Menanti Anda

Kalau baca tulisan diawal……. memelihara Yorkshire (YS) sepertinya ribet banget dan menurut saya memang cukup ribet tetapi dibalik keribetan tersebut ada nilai ekonomis yang cukup tinggi, tidak semua orang sanggup melakukan keribetan tersebut…… jadi bagi anda yang ingin mendapatkan keuntungan dari ternak kenari saran saya coba anda ternak Yorkshire karena masih banyak kesempatan dan pasarnya cukup terbuka.

Sesuai dengan pribahasa tidak ada makan siang yang gratis katanya didunia ini tidak ada yang gratis semua harus bayar…… kalau anda ingin menghasilkan untung besar harus berani mengeluarkan modal besar dan harus mampu menerima resikonya juga besar walaupun ada kejadian dengan modal kecil bisa menghasilkan keuntungan yang besar tetapi sangat sedikit sekali orang-orang beruntung di dunia ini, rata-rata keuntungan linier dengan modal & resikonya …… semakin besar untungnya maka resikonya semakin besar.

Kalau anda berhasil ternak Yorkshire istilahnya anda sudah menciptakan ATM sendiri hehe… saya mencoba memberi gambaran dari penghasilan ternak kenari YS.  Modal awal sepasang YS minimal 3,5 juta rupiah…. Sangkar ternak 2 buah sekitar 150 ribu, biaya pakan selama 1 bulan sekitar 50 ribu dan sarana penunjang sekitar 10 ribu. Jarak YS bertelor sampai anak lepas sapih dan bertelor periode berikutnya sekitar 1,5 bulan dan setiap 1 tahun YS mengalami mabung 1 kali, lamanya mabung sampai siap ternak sekitar 3 bulan jadi dalam 1 tahun YS bisa punya anak sekitar 6 periode. Jika dalam 1 periode berhasil menetas dan hidup sampai besar sebanyak 2 ekor maka dalam 1 tahun menghasilkan 12 anak…. Harga 1 ekor YS local sekitar 1,250,000 maka dalam 1 tahun hanya ternak dengan 1 pasang saja anda bisa menghasilkan 15 Juta dengan biaya operasional sekitar 75 ribu perbulan. Bagaimana kalau anda berhasil ternak 10 pasang………. wuihhhh mantap sepertinya tidak usah nguli seperti saat ini he..he…….

 

Kendala dalam beternak Yorkshire

Tetapi tidak semudah hitung-hitungan diatas…… ternak YS banyak kendalanya, proses ternak YS termasuk cukup rumit….. YS mempunyai body yang bongsor sehingga cukup sulit dalam proses penjodohan sering terjadi telor kosong (tanpa dibuahi), jantan YS sulit birahi dan banyak kejadian YS betina kurang pintar dalam merawat anak……..  Kalau anda berhasil melewati kendala diatas anda telah menciptakan ATM yang bisa digesek setiap 1,5 bulan sekali hehe……..

Demikian dulu gambaran mengenai ternak Yorkshire saya merasa masih banyak kekurangan dalam tulisan ini, saya sangat  berterimakasih jika anda bersedia untuk memberikan saran dan masukan ……

Sumber burungkenari.wordpress.com

Tentang ariefsadja

------------------
Pos ini dipublikasikan di Kenari. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s