Fenomena Kenari Yorkshire

Bulan Oktober  sebentar lagi menyambangi kita, bulan oktober merupakan waktu yang ditunggu-tunggu  kenarimania dimana pada bulan tersebut kenari impor mulai masuk ke Indonesia. Gema mengenai masuknya kenari impor mulai terasa di beberapa forum, ada beberapa kenarimania yang mulai membuat kelompok untuk mengambil kenari impor terutama YS secara gabungan. Di Facebook lebih seru lagi  ada beberapa individu yang mengajak beli kenari Yorkshire secara kelompok…

Waktu masih di Jakarta saya pernah ngobrol cukup intens dengan importer, Waktu itu rencananya saya dan beberapa teman mau mengambil kenari Yorkshire bersama-sama berhubung dananya terbatas maka kami sepakat hanya mengambil setengah box. Yang menjadi perbincangan cukup alot saat itu adalah cara membagi kenari Yorkshire tersebut menjadi 2 bagian. Menurut si Importir yang bagus adalah kenari digiring dari 1 box ke box lainnya sampai mencapai jumlah setengah box (kalau tidak salah 1 box itu 40 ekor jadi setengahnya sekitar 20 ekor).

Saya sebagai orang awam saat itu berpikiran kok beli kenari Yorkshire ribet banget masa mindahinnya harus digiring satu-satu ke box lain, kan lebih gampang  tangkapin satu-satu dipindah ke box lainnya. Ternyata si importer  melakukan kegiatan tersebut berdasarkan pengalaman beliau waktu menjual kenari beberapa tahun yang lalu, pada waktu itu sampai sempat terjadi perang bharatayudha (mode lebay on hehe…), antar pembeli karena rebutan kenari, nach berdasarkan pengalaman itulah dia melakukan trik giring hehe…

Peternak kenari Yorkshire di luar negeri sana tidak sebanyak peternak kenari colour, waterslager, Spanish Timbrado atau kenari jenis lainnya, akibatnya Yorkshire yang dikirim campur aduk, usianya tidak seragam, terdiri dari beberapa peternak (ring beragam),  jenis kelamin dicampur antara betina dan jantan dan terakhir kesehatannya tidak terjamin. Beda dengan kenari impor kecil (WS, Holland ataupun ST) dalam 1 box usianya merata (ring 2010 hampir semuanya menggunakan ring 2010 hanya beberapa ekor yang berbeda), untuk jenis kelamin dalam satu box si importer bisa menjamin semuanya sama (jantan semua atau betina semua).

Sekarang kita kembali dengan fenomena yang ada di beberapa forum atau di fan page Facebook,  bagi saya Pribadi adanya pembelian secara berkelompok sangat menguntungkan, hanya pembelian berkelompok ini ada nilai plus dan minusnya,. Plus-nya pembelian berkelompok bisa menghemat biaya (beli rombongan lebih murah dari pada membeli satuan),ada kepastian untuk mendapatkan kenari YS.. dimana si importer lebih mengutamakan pembeli 1 box dari pada pembeli 1 ekor.

Nilai minusnya usia YS tidak seragam dari usia termuda sampai usianya paling tua, jenis kelamin campur aduk tidak ada jaminan jenis kelamin jantan semua , YS termasuk kenari rentan terhadap penyakit dalam 1 box ada saja kenari yang sakit, untuk YS mati ada jaminan ditukar tetapi YS sakit importer tidak mau menjamin. Sedangkan secara saya Pribadi (mungkin rekan-rekan juga sama) jika beli secara kelompok harapannya dapat YS jantan, sudah bunyi dan sehat. Nach sekarang siapa yang dapat menjamin semua criteria diatas bisa terpenuhi… Demikian sharing saya mengenai  fenomena kenari Yorkshire, saya mengajak rekan-rekan untuk memikirkan bagaimana caranya meningkatkan nilai plus dan meminimalisir nilai minus dari pembelian berkelompok, jangan sampai gara-gara beli berkelompok terjadi perang bharatayudha hehe….

Sumber : http://burungkenari.wordpress.com

Tentang ariefsadja

------------------
Pos ini dipublikasikan di Kenari. Tandai permalink.

2 Balasan ke Fenomena Kenari Yorkshire

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s