RUSSIAN CANARY

oleh: Igor Linchuk, Peternak dan Juri Senior Kenari Rusia

diterjemahkan oleh: Kian Sing
SEJARAH

Sejarah Kenari Rusia telah dimulai sejak 3 abad yang lalu. Hal yang sangat tidak menguntungkan bahwa Kenari Rusia hampir tidak dikenal di dunia walau hobiis jenis ini mengklaim bahwa jenis kenari ini mempunyai modulasi terbaik dengan lagu yang diadaptasi dari burung-burung terbaik asli Rusia.

Kenari ini pertama kali berasal dari kota Tyrol di Jerman pada abad ke-18, hobiis kenari di Rusia jatuh cinta karena variasi lagunya. Sebelumnya mereka memelihara burung liar goldfinch, siskin, woodlark, tit, bunting (baca: banting), linnet, warbler dan lain-lain bersamaan dengan mereka memelihara kenari dari Tyrol. Dengan rasa gembira, hobiis kenari menemukan bahwa kenari jantan dapat menirukan nyanyian burung-burung liar yang secara tidak sengaja dimilikinya. Orang Rusia menyenangi kenari Tyrol karena kenari ini dapat menirukan burung lainnya dengan mudah. Sebagai hasil dari kepandaian menirukan dan mudahnya perawatan, kenari menjadi sangat popular di sana. Pada waktu itu, kenari Tyrol mempunyai volume suara yang keras. Para peternak di sana mulai memilih dan menentukan jenis kenari yang mempunyai volume merdu dan pandai melantunkan lagu, jadi volume tidaklah keras. Mereka memilih pejantan yang bernyanyi merdu, dengan lagu yang lembut dan menggunakan beberapa metode untuk melatih kenari tersebut. Hasil dari observasi, peternak membuat keputusan bahwa kenari dapat menirukan nge-roll-nya burung bunting adalah yang terbaik. Hal yang mengejutkan ternyata kenari ini menunjukkan kemampuan untuk menirukan burung atau jenis lagu yang lain. Sedikit demi sedikit para hobiis tidak hanya menyukai lagu burung bunting, tetapi juga lagu burung tit, woodlark dan sandpiper. Kerap kali jenis kenari ini disebut sebagai penyanyi hutan karena kemampuannya menyanyikan lagu burung liar. Kemudian karena kepandaiannya menirukan lagu burung bunting dan bernyanti dengan paruh terbuka, jenis kenari ini juga dikenal sebagai kenari lagu burung bunting. Lagu burung bunting berhasil diadaptasi jenis kenari ini pada abad ke -19, mulai dari sini orang Rusia mendidik dengan menggunakan fluts, organ dan alat lain. Pada permulaan abad ke-20, diadakan kontes jenis kenari ini di Moscow. Pada waktu itu kenari yang sering menjadi juara berasal dari kota Pavlovo-on-Oka, Nizhniy Novgorod dan St. Petersburg.

PERAWATAN

Burung kenari sangat mudah dirawat dan membutukan ruang yang tidak besar untuk membuat mereka tetap aktif dan sehat. Seekor kenari sangat tergantung dari cara pemilik merawat dan dapat hidup antara sepuluh sampai empatbelas tahun, jika dirawat dengan baik dan benar. Cara merawat kenari ala orang Rusia akan ditulis di bawah ini dan kenari akan hidup sehat, aktif dan berproduksi bila pemilik memberikan pakan berkomposisi benar, merawat dengan benar untuk menghindari penyakit, cukup ruang untuk terbang dan beraktifitas dan dipelihara di ruang yang aman dan bercahaya.

PAKAN

Kenari secara ekstrim mudah untuk makan, kenari membutuhkan pakan yang seimbang antara protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin. Bijian adalah pakan pokok bagi kenari. Hari ini banyak produsen pakan kenari yang menghasilkan pakan bijian siap pakai. Campuran bijian ini biasanya memakai canary seed, biji sawi, hemp seed (biji rami, di sini sering disebut fumayin), niger seed dan flex seed (di sini sering disebut lin seed, dari bahasa belanda: lijn zaad). Penulis setuju bahwa pakan ini adalah baik tetapi dia membuat campuran bijian sendiri dengan perbandingan: 35% biji sawi, 35% canary seed, 10% haver (biji gandum), 10% millet putih, 5% flax seed dan 5% niger seed, campuran ini diberikan setiap hari sebanyak 1 sendok teh.

Seperti pada burung peliharaan lain, burung kenari membutuhkan lebih daripada campuran bijian ini saja. Sayur hijauan (daun selada, bayam dan brokoli), wortel dan buah (apel, buah pear atau strawberry) diberikan sebagai tambahan setiap hari dan sekali seminggu diberikan telur yang telah dicampur dengan tepung roti dan hemp seed.

Tambahan protein sangat diperlukan selama musim kawin, pada musim ini perlu ditambah sejumlah canary seed dalam pakan bijian. Kecambah dari bijian juga diberikan sebagai tambahan protein dan enerji di waktu menjodohkan burung. Grit harus disediakan sepanjang waktu. … (soal kecambah dan cara membuatnya akan saya tulis belakangan)

Air minum harus tersedia kapan saja dan diganti setiap harinya. Jika seekor kenari hidup tanpa air lebih dari enambelas jam kemungkinan besar nyawanya tidak akan tertolong lagi. Air minum seyogyanya diberikan dari air yang bersih atau bermineral.

SANGKAR

Burung kenari harus dipelihara dalam sangkar yang cukup besar untuk keterbatasan mereka terbang dan paling tidak mempunyai dua tangkringan. Sangkar kenari yang ideal untuk harian minimal berukuran panjang 40 cm, lebar 202cm dan tinggi 25 cm. Sangkar berbentuk kotak sangat dianjurkan karena sangkar ini memberikan ruang terbang yang lebih luas, sangkar berbentuk bulat sangat tidak ideal. Tangkringan dapat dibuat dari berbagai macam bahan tetapi yang dianjurkan adalah dari kayu yang lunak. Kenari betina, kenari ngurak dan anakan harus dipelihara dalam sangkar umbaran (voliere), terutama bagi anakan harus dipelihara sampai selesainya ganti bulu muda. Sangkar umbaran dianjurkan minimal berukuran 100 x 45 x 50 cm.

KESEHATAN DAN KEBERSIHAN

Sangkar harus tetap bersih, membersihkan sangkar dan tangkringan dianjurkan setiap seminggu sekali. Hal lain yang penting adalah pakan dan minum harus bersih setiap saat, juga selalu memberikan tempat mandi. Perlu diingat bahwa tempat mandi dan air minum harus diawasi agar tetap bersih.

LINGKUNGAN

Tempatkan sangkar di daerah yang terang atau banyak cahaya. Kenari sensitive terhadap gas dan racun lainnya. Berhati-hatilah dengan pengharum udara, pewangi, parfum dan bahan lain yang mudah menguap. Dapur bukanlah tempat yang tepat untuk memelihara kenari.

BERTERNAK

Banyak peternak membuat kesalahan dengan berpikir bahwa berternak kenari adalah hal yang mudah. Mereka berpikir “Anda hanya membutuhkan seekor kenari jantan dan betina, mencampurnya dalam sebuah sangkar dengan sebuah sarang dan biarkan alam yang akan mengatur.” Berternak kenari yang keesokan harinya akan mampunyai lagu yang indah bukannya hal yang dipengaruhi oleh rejeki. Hal yang terpenting agar sukses berternak adalah factor genetik.

WARISAN GENETIKA

Warisan genetika adalah faktor utama dalam berternak kenari bila akan berusaha mendapatkan kenari penyanyi yang istimewa. Kenari mewariskan kesehatan, bentuk tubuh dan warna, tetapi juga kepandaian mendengarkan, daya ingat yang bagus dan kemampuan untuk mengambil variasi lagu yang sulit tanpa adanya variasi lagu yang jelek. Jika peternak melakukan ternaknya dengan memikirkan hal ini, maka dia akan memperoleh sebuah hasil yang memuaskan.

Adalah hal yang mudah untuk memilih pejantan untuk diternakkan. Pengalaman dan perasaan peternak membantu untuk memilih seekor pejantan yang baik. Postur dan warna yang bagus dapat dilihat dengan mata, sebuah lagu dengan volume yang merdu dapat didengarkan oleh telinga.

Masalahnya adalah kekurangtahuan peternak tentang asal usul induk betinanya. Syarat terpenting dalam berternak terletak pada induk betina. Induk betina harus dipilih extra hati-hati karena anakannya akan membawa sifat ibu dan, alangkah pentingnya, kepandaian bernyanyi. Sehingga janganlah heran, kepandaian bernyanyi ternyata adalah warisan dari induk betinanya secara genetik. Untuk itu, bagi peternak yang berpengalaman, mengapa para peternak tidak akan memakai induk betina yang tidak diketahui asal usulnya.

Jadi, kunci sukses berternak adalah tergantung pengetahuan kita mengetahui secara mendalam tentang kenari yang kita pakai untuk berternak. Bagi peternak yang berternak secara serius wajib mempunyai catatan dari kenari yang mereka miliki.

MEMPERSIAPKAN KENARI PRA-TERNAK

Di negara yang mempunyai empat musim yang terletak di belahan bumi sebelah utara, para peternak yang baik akan mulai mempersiapkan kenarinya untuk diternakkan pada pertengahan bulan Desember (setelah kontes burung tingkat nasional) dan menjodohkan bila dalam kondisi prima. Waktu itu penambahan extra fooding diperlukan agar kenari masuk dalam kondisi siap kawin, selain itu juga diperlukan untuk menambah panjang siang atau memasang lampu sampai 14 – 16 jam per hari.

MENJODOHKAN

Kenari jantan harus memiliki postur yang baik dan bernyanyi. Kenari jantan, yang bernyanyi tidak panjang atau jarang bernyanyi, termasuk kenari yang tidak siap dijodohkan. Sangat mudah untuk mengecek betina yang siap dikawinkan. Kelakuannya hampir menyerupai sang jantan, mereka akan terlihat sibuk dan sering melakukan panggilan kepada kenari jantan. Jika peternak memberikan bahan sarang dalam sangkar, kenari betina akan mengambil bahan tersebut dengan paruhnya dan akan mencoba membuat sarang. Jika kenari betina terlihat tidak membuat sarang, kenari ini jangan dijodohkan. Satu cara yang mudah untuk membedakan kenari betina yang siap kawin adalah melihat perutnya, bila tidak ada bulu berarti kenari ini siap kawin.

Jika peternak sudah memutuskan pasangan yang akan diternakkan, tempatkan pasangan kenari tersebut dalam sebuah sangkar ternak yang telah dilengkapi dengan tempat dan bahan sarang. Sering kali kita melihat kenari jantan dan betina berkelahi dan bila berlanjut kea rah yang negative pasangan ini perlu dipisah lagi. Ketika kenari telah jodoh, kenari jantan dapat dipisah dan dimasukkan ke sangkarnya semula. Setelah itu peternak harus mencampurkan mereka kembali selama 15-20 menit dua kali sehari sampai kenari betina bertelur dua. Tidak ada alasan yang tepat untuk membiarkan kenari jantan dan betina dalam satu sangkar untuk jangka waktu yang lama. Menyendirikan sang jantan akan membuatnya dalam kondisi prima siap kawin.

Lima sampai tujuh hari setelah sarang dibuat, kenari betina akan bertelur dengan rata-rata dua sampai enam butir. Rata-rata telur kenari betina yang sehat sebanyak 4 butir dan akan mulai mengeram pada telur keempat, tetapi beberapa betina akan mengerami pada telur yang pertama. Untuk itu mengapa peternak di sana selalu mengambil telur dan mengganti dengan telur palsu atau telur kosong (cukup satu butir) dan menyimpan telur yang asli di pasir dengan suhu sekitar 20 derajad Celcius, dan kembalikan telur ke sarang bila betina telah selesai bertelur. Hasil yang didapat dari prosedur ini telur akan menetas bersamaan.

Setelah dierami selama 2 minggu telur akan menetas. Ketika telur menetas, sang induk betina mulai menyuapi anakannya. Telur rebus matang yang segar harus disediakan selama masa penyuapan, seminggu setelahnya peternak dapat menambahkan wortel, apel atau sayuran hijau.

2 minggu setelah menetas, anakan akan mulai tumbuh bulu. Pada hari ke-17 sampai 20, anakan mulai meninggalkan sarang. Dalam jangka waktu beberapa hari sesudahnya, mereka mulai belajar makan sendiri. Ketika sudah terlihat anakan bisa makan sendiri, anakan ini bisa disapih ke sangkar yang lain agar induk betina siap untuk dijodohkan kembali. Agar lebih aman, tempatkan sarang kedua, beserta bahannya, ke dalam sangkar ternak ketika anakan berusia 15-17 hari. Induk betina akan membuat sarang dan siap bertelur lagi sekitar 21-23 hari. Berikan makanan kepada anakan sama seperti ketika induk betina menyuapinya. Jangan berikan pakan bijian normal kepada anakan sampai mereka berusia 6 minggu.

Beri batasan kepada induk betina untuk bertelur tidak lebih dari 3 periode terus menerus untuk menjaga mereka dalam kondisi puncak.

LAGU

Kenari Rusia dikembangbiakkan untuk nyanyiannya. Lagunya terdiri dari 10-15 variasi nada tinggi dan dinyanyikan dalam 45-60 detik. Variasi lagu Rusia yang diadaptasi dari burung liar asli Rusia, sering dinamai dengan nama burung liar itu sendiri atau nama yang mirip dengan variasi lagu yang dibawakan.

Nilai berikut ini dan lembar penilaian telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris tetapi tetap ditulis juga dalam bahasa Rusia untuk menghindari pembiasan penerjemahan, seperti yang tertulis pada lembar penilaian resmi pada kontes di Rusia.

(mohon maaf, keterangan di bawah ini tidak saya terjemahkan agar pembaca dapat mengartikan lebih jelas daripada terjadi pembiasan penerjemahan)

Main Tours

1. Beginning

Triple roll – three high tune rolls. Usually the first and the third ones sound similar, and the second one sounds higher or rarely lower and a little bit shorter. The main requirement to the triple roll – all three rolls should sound as if were incorporated. In nature we can hear the similar song of wrens (Craterscelis nuerina) , black martin (Apus apus), and coal-tit (Parus ater).

Double roll – similar to triple roll, but we hear just two rolls.

Roll – just one roll. The same sound we can hear in nature coming from goldcrests (Regulus regulus).

In a song there could be one of the above.
2. Sandpiper

Double – two sounds like “coolie” repeated with different accents.

One – one sound “coolie” or two with the same accent.

3. Rolls

Rolls are the main trills of many wild birds. There is variety of rolls. Russian canaries sing rolls using their vibrating beak.

Regular – soft sound “ririririririri”. You can hear this sound in nature from pipits (Anthus trivialis), rarely from linnets (Acanthis cannabina), or wrens (Craterscelis nuerina). Could be in conjunction with other rolls.

Bellroll – similar to a regular, but reminds little bell’s soft sound with metal tune and vibration. In nature we can hear the similar song of pipits (Anthus trivialis), linnets (Acanthis cannabina), corn buntings (Emberiza calandra), or meadow larks (Alauda arvensis). Gargling and twittering sounds are not permitted. Could be in conjunction with other rolls.

Silver – the most valuable roll, which emulates two – dimensional sound of falling silver coins. In nature we can hear the similar song of waxwings (Bombycilla garrulus). Could be in conjunction with other rolls.

Grasshopper’s – the sound is like “dzidzidzidzi” with vibration and is similar to a grasshopper’s chirr. Could be in conjunction with other rolls.

4. Buntings

These trills are similar to songs of wild buntings and contain sound like “zizizizizi” or “sisisisisi” with required intermission or pause between syllables. There is variety of buntings depending on sounds and breaks duration, also depending on a high of melody.
Regular – it is named in honor of wild bird regular bunting (Emberiza citrinella) and sounds like “zizizizi” or “sisisisi”. It’s better if you do not hear the consonants. In nature we can also hear the similar song from garden buntings (Emberiza bortulana). Could be in conjunction with other buntings.

High – in ideal it should sound without consonants definitely with crescendo on vowels “iiiiiii’ or “uuuuu” with next fermata. In nature we can hear the similar song from mountain buntings (Emberiza cia). Could be in conjunction with other buntings.

Steel – similar to a regular one, but you can hear the frequent strokes (light staccato) with a metal sound in syllables “dindindin” or “zinzinzin”. You can hear this sound in nature from Stewart’s buntings (Emberiza stewarti). Could be in conjunction with other buntings.

Hand bell – very clear sound “dindindin”

5. Bells – trill sounds, which are similar to bell rolls, but with rare vibration. In nature we can hear the similar song from blue tits (Parus caeruleus), white wagtails (Motacilla alba), or larks. The sound must be clear with a metal tune. Twitters and gurgling are not permitted.

6. Steel Tones – the tours convey the sound of steel bar hitting repeatedly an anvil. Comparing with the steel buntings, they have a larger interval between syllables.
– “Ding – Dong”
– “Tsong – Tsong”
– Others

Russian canaries are to sing main tours.

Additional Tours

7. Inserted Tours
“Tliau – Tliau” – in nature the similar songs we can hear from bluethroats (Acrocephalus dumetorum) or siskins (Spinus spinus). Sounds like “tiu – tiu” or “tiau – tiau” are not permitted.
Flute – sounds like “lululululu” emulate the fragments of wood larks (Lullula arborea) songs.
Sandpiper – sound “coolie” with accent on the second syllable. Sound is more expressive and deeper than after beginning and is repeated several times. In nature we can hear the similar song from sandpiper(Calidris canutus) or lapwings (Vanellus vanellus).
“Piia – Piia”
Others

8. Tits
There is a tradition to put different sounds of big and coal tits in Russian canaries songs.
Big tits
“Regular
“tsi – phi”
“ti – ta”
“tsi – pi”
“Spring – sounds with three syllables
“tsi – tsi – phi”
“ti – ti – ta”
“tsi – tsi – pi”
“Sandpiper – sound “coolie” with accent on the first syllable.

Coal tit – similar to a regular big tit, but with shorter, more frequent and less expressive syllables.

Plan

Coming from the judge’s point of view the plan is multiple repetition of the same song from the beginning to the end without any additions, missing or switching.

Negative Notes (Faults)

Chirps, twitters, wheezing sounds, jerks and growls, cracks, yells, whistles, trills in bass tune, other unpleasant sounds, and also European nightingale’s notes are not permitted.

MENDIDIK KENARI RUSIA

Karena kenari Rusia diternak karena nyanyiannya, mendidik mereka untuk bernyanyi adalah sangat penting. Kenari muda harus dididik untuk bernyanyi. Banyak orang berpikir bahwa kesempurnaan sebuah lagu adalah warisan genetika dan mereka akan terkejut mendapatkan bahwa kenari perlu dididik agar lagunya sempurna dan tepat. Biasanya memerlukan waktu 8-9 bulan untuk melatih burung bernyanyi.

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa mendidik burung dengan menggunakan burung master. Belajar dari kenari jantan dewasa adalah jalan yang paling tepat untuk melatih kenari muda, dengan catatan jikalau Anda mempunyai kenari pendidik yang 100% tanpa kesalahan. Kenari betina dan burung-burung liar di lingkungan dapat mengacaukan proses mendidik kenari, juga karena kualitas nyanyian burung tersebut dipengaruhi oleh cuaca atau musim.

Konsekuensinya peternak memakai alat instrumen lain seperti organ, bel dan lain-lain. Kaset tape atau CD juga dapat digunakan untuk melatih kenari, kaset tape atau cd adalah pilihan yang bagus dan metoda ini banyak digunakan.

Setelah anakan berganti bulu adalah waktu untuk menyortir kenari dari sangkar umbaran ke sangkar soliter atau sangkar yang lebih kecil. Sangkar standar kenari Rusia di sana berukuran 35 x 20 x 25 cm dengan 2 tangkringan. Letakkan sangkar ini di atas meja tanpa sekat di antaranya. Dalam seminggu mereka akan mengenal lingkungannya, makan dan minum.

Sekarang mereka siap masuk dalam kancah pendidikan yakni masuk kotak cabinet (lemari) yang mempunyai pintu agar keadaan di dalam menjadi gelap. Masukkan sangkar pelatihan ke dalam lemari tetapi pintu tetap terbuka selama 2 minggu, kemudian pintu ditutup agar ruangan dalam lemari menjadi gelap gulita dan kaset tape atau cd atau burung master dapat dijalankan. Mereka akan tetap diam dan secara menyeluruh berkonsentrasi dengan mendengarkan lagu, hanya mendengarkan dan belajar.

Dalam waktu singkat mereka akan menirukan lagu master. Waktu itu sering kali lah mengecek suara burung yang dididik, paling tidak tiga kali sehari masing-masing 15-20 menit. Jika ditemukan lagu yang tidak baik dan tidak benar segera ambil burung tersebut dan dicampur dengan kenari betina yang sudah tua agar kenari muda tersebut diam tidak bernyanyi. Jika kenari muda tersebut tetap bernyanyi, kenari betina tua tersebut akan mengejarnya sampai kenari muda tersebut berhenti bernyanyi. Jangan biarkan kenari muda tersebut terus menerus bersama kenari betina, jangan menunggu sampai keesokan hari, keluarkan kenari muda tersebut pada hari yang sama. Kenari akan belajar semua lagu yang jelek pada kesempatan pertama dan menghancurkan kenari tersebut sebelum Anda mengetahuinya.

Tetaplah mengontrol setiap kemajuan burung, buatlah catatan terutama pada burung yang berlagu sangat bagus. Beberapa dari mereka akan menyanyikan lagu dengan benar dan tepat. Burung yang paling menjanjikan harus disendirikan dalam ruangan tersendiri dijadikan satu dengan burung terbaik. Dengan cara ini suaranya akan meningkat secara tajam. Kenari muda yang bersuara biasa dan dididik dengan cara yang berhati-hati dan mereka membutuhkan sedikit latihan extra agar suaranya menjadi baik.

Hanya kenari yang berlagu sangat bagus yang dapat dikonteskan. Untuk mendidik seekor kenari ke arena kontes, ambil seekor kenari dari lemari dan letakkan di atas meja di depan Anda. Berikan waktu 10 menit untuk memulai (lihat bab penjurian). Jika mereka tidak mulai bernyanyi, letakkan kembali dalam lemari. Kerjakan hal ini setiap pagi, diang dan malam selama sebulan sebelum kontes.

KONTES KENARI RUSIA

Dalam sebuah kontes seni suara kenari Rusia, nilai dari sebuah nyanyian kenari dapat diukur seperti apa yang tertulis pada lembar penilaian karena sudah ada pakemnya. Secara gamblang, bila kenari menyanyikan ‘lagu mati’ akan tersingkir dari arena kontes. Lagu harus melantun dengan baik dan komplit. Berhenti di tengah atau bernyanyi tidak komplit tidak diperbolehkan.

Di kontes, kenari dinilai satu per satu. Setiap sangkar diletakkan di atas sebuah meja selama waktu penilaian. Harus ada pencahayaan yang cukup dalam ruang penilaian dan ruangan harus tidak mempunyai jendela. Dalam waktu yang diberikan, setiap kenari harus mencoba kehandalannya. Setiap kenari dinilai oleh tim juri yang jumlahnya ganjil (minim 3 juri).

Lagu kenari Rusia dinilai dengan sistem total nilai 70. Angka setiap poin yang diraih oelh seekor burung akan dijumlah dan dibagi dengan jumlah juri. Kenari dengan total nilai 37-44 poin dianggap bagus, antara 45-50 sangat bagus dan antara 51-60 adalah sempurna. Perlu diketahui hanya sekali waktu ditemukan burung dengan nilai lebih dari 54 poin.

Kontes kenari Rusia dimulai di Rusia pada pertengahan abad ke-19. Saat ini setiap tahun, Negara-negara bekas Uni Soviet berkompetisi di kota-kota besar seperti Moscow (Rusia), Kiev (Ukraina) dan Minsk (Belarus).

sumber : www.kicaumania.org

Tentang ariefsadja

------------------
Pos ini dipublikasikan di Kenari. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s