STAFFORD CANARY part.2

Kita akan mendapatkan kartu penilaian yang telah diisi atau ‘indruk’ bila kita membeli waterslager yang telah dilombakan, di lembar penilaian menunjukkan bagaimana waterslager bernyanyi waktu saat penilaian. Contohnya, mungkin kita bisa mendengarkan orkestra kelas teri menyanyikan simponi Beethoven tetapi suaranya akan tidak jernih, kacau dan lain sebagainya. Berbeda bila kita menikmati simponi Beethoven yang dilantunkan orkestra kelas atas, kita akan menikmati kejernihan suara yang sangat detail. Inilah yang akan dijelaskan oleh yuri dalam ‘indruk’. Lembar penilaian ini sangat penting dalam memilih waterslager jantan, tentunya apabila lembar penilaian ini tersedia.
Belanda memberikan nilai maksimal 3 untuk variasi lagu yang menirukan burung nightingale. Haruslah diingat bahwa semakin jelas bagaimana burung menirukan akan mendapatkan nilai yang tinggi. Poin tambahan harus dikalikan 3, alasannya adalah pada waktu pertama kali lomba diadakan cuma diikuti oleh beberapa waterslager, yang bertindak untuk menilai adalah 3 orang yuri. Saat ini, dengan banyaknya waterslager yang ikut, hanya seorang yuri yang menilai. Oleh sebab itu, untuk menjaga perbandingan penilaian sejak saat dimulainya lomba maka point akhir dikalikan 3.

Sehingga kelas yang dikonteskan menjadi banyak karena terdapat 5 kelas tipe kepala (jambul dan tidak) dengan 3 kelas tipe warna bulu. Melihat beberapa kelas yang dikonteskan yang disyaratkan maka ada petunjuk cara berternak untuk mencetak Stafford Canary yang ideal, dengan menganjurkan untuk berkonsentrasi berternak warna non-frosted dan frosted bagi peternak tingkat pemula dan menyerahkan warna dimorphic (mosaic) kepada peternak yang berpengalaman karena hal ini lebih sulit.
Pasangan yang bagus dalam hal ini adalah mencoba berternak dengan menggunakan:
1. Jantan plainhead non-frosted x Betina crested frosted

2. Jantan crested non-frosted x Betina plainheads frosted

3. Jantan plainhead frosted x Betina crested frosted

4. Jantan crested frosted x Betina plainhead frosted

5. Dimorphic x Dimorphic
Dengan berternak nomor 3 dan 4 akan menghasilkan anakan double frost, hal ini harus diingat agar anakan diternakkan kembali dengan kenari non-frosted karena bila tidak akan menghasilkan warna frosted yang terlalu pucat. Warna terlalu pucat ini tidak akan mempunyai warna cerah, baik di tipe frosted ataupun non-frosted. Jangan sekali-kali menjodohkan kenari berjambul dengan kenari berjambul karena 25% anakan akan mati. Kemungkinan lain, beberapa anakan akan mempunyai jambul yang tidak sempurna.

Tentang ariefsadja

------------------
Pos ini dipublikasikan di Kenari. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s